Yogyakarta – Dalam rangka optimalisasi capaian Pemutakhiran Pendataan Keluarga 2023 (PPK-23) Perwakilan BKKBN DIY melaksanakan monitoring dan evaluasi (monev) capaian di lokus pemutakhiran. Monev dilakukan secara sampling mengacu data capaian PPK-23 yang sudah berjalan mulai tanggal 1 Juli 2023 sampai dengan 12 Juli 2023.
Sebagaimana dapat dipantau dari website monev PPK23 https://monevpemutakhiranpk.bkkbn.go.id/ yang merupakan dashboard capain PPK23 secara nasional dapat didetailkan sampai dengan wilayah Kelurahan/Kalurahan, sehingga berdasar website tersebut dapat diketahui performa setiap wilayah melalui perbandingan Jumlah KK Didata terhadap Jumlah Target KK yang dalam perkembangannya berdasarkan dashboard nasional tersebut, capian PPK23 tingat Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) juga telah divisualisasikan kedalam bentuk grafik/chart agar data lebih mudah dielaborasi dan dipahami. Grafik/chart progress PPK-23 dapat diakses di website https://helpdesk.bkkbndiy.id/progress-pemutakhiran-pk23/.
Berdasarkan dashboard monev progress PPK23 tersebut, sebagaimna instruksi Kepala Perwakilan BKKBN DIY maka pada hari Jumat14 Juli 2023 dilaksanakan monitoring atau pengamatan secara langsung ke lokasi PPK23. Monitoring dilakukan dengan menemui Manajer Data, Manajer Pengelola, Supervisor, dan Perwakilan pendata yang capaiannya masih rendah (dibawah 30% dari target) atau sedang mengalami kendala aplikasi di wilayah Kota Yogyakarta yang berlokasi di Kemantren Umbulharjo dan Kemantren Ngampilan, serta di Kabupaten Sleman yang berlokasi di Kapanewon Ngaglik dan Kapanewon Berbah. Pengamatan dilakukan oleh 2 (dua) tim dari Ketua Tim Kerja Data dan Informasi (DATIN), Staf Tim Kerja DATIN, dan Pranata Komputer yang berbagi lokus kabupaten/kota dengan melakukan wawancara menggunakan kuisioner monev dan diskusi langsung.
Pengamatan dan pemantauan tersebut selain untuk memastikan tahapan PPK23 telah terlaksana sesuai alur dan mekanismenya juga untuk mengetahui permasalahan di lapangan sehingga dapat diupayakan solusinya, beberapa hal yang terpantau beberapa temuan secara umum diantaranya masih adanya capaian rendah dikarenakan kesibukan pada pekan pertama pelaksanaan PPK23 yang menyebabkan pendata baru bisa memulai pemutakhiran sehingga perlu adanya strategi untuk membagi habis target terhadap jumlah hari tersisa sehingga capaian target dapat segera meningkat dengan memenuhi target minimal setiap hari, masih adanya penolakan oleh sebagian keluarga sasaran sehingga perlu dilakukan upaya pendekatan dan sosialisai oleh TOMA, serta adanya beberapa kali kendala aplikasi dan HP/smartphone yang digunakan oleh pendata yang saat monev tersebut dapat tertangani.
Terkait pendampingan terhadap kendala aplikasi atau kendala teknologi yang terkait pelaksanaan PPK23, Tim Pokja Data dan Informasi dan Pranata Komputer juga telah menyiapkan panduan, tutorial, daftar pertanyaan dan jawaban yang sering muncul dalm frequently ask question (FAQ) dan saluran komunikasi berupa kanal helpdesk yang dapat dihubungi dan diakses setiap saat. Beberapa kanal helpdesk yang disiapkan diantaranya whatsapp group, website helpdesk dengan alamat https://helpdesk.bkkbndiy.id/, dan media sosial Instagram dan youtube @helpdesk.bkkbndiy. (Irf/ADPIN)