Khidmat, Upacara HUT Kemerdekaan RI Ke-79 Perwakilan BKKBN DIY

YOGYAKARTA — Sebagai ungkapan syukur atas anugerah kemerdekaan bangsa Indonesia yang telah 79 tahun dinikmati bersama, seluruh karyawan Perwakilan BKKBN DIY hadir mengikuti Upacara Bendera Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-79 Republik Indonesia di halaman kantor Perwakilan, Sabtu (17/08/2024).

Melalui amanat tertulis yang dibacakan oleh Sekretaris Perwakilan BKKBN DIY Zainal Arifin, Gubernur DIY Hamengku Buwono IX mengajak para pemimpin dan segenap masyarakat untuk mengamalkan nilai Smara-bhumi Adimanggala, yang merupakan sebuah tekad juang untuk menjadi pelopor dan pemersatu pelbagai unsur yang berbeda-beda, dari waktu ke waktu, serta berperan dalam perdamaian dunia.

Gubernur sekaligus Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat itu menambahkan nilai Smara-bhumi Adimanggala itu harus dielaborasi dalam kesadaran sikap Lir-ginelar yaitu sebuah patron kebijakan kepemimpinan, dalam nilai-nilai demokrasi, musyawarah mufakat, atas dasar partisipasi masyarakat.

“Kebhinekaan dan kekayaan potensi Indonesia, adalah modal pembangunan yang harus dikembangkan. Tentu agar menjadi kekuatan positif, menuju kehidupan berbangsa yang lebih sejahtera, berkeadilan, guyub-rukun, dan aman-damai, mencerminkan Indonesia Emas 2045” demikian pesan Gubernur.

Terkait estafet kepemimpinan nasional, diharapkan dapat menjadi momentum untuk mengakselerasi pembangunan. Semua akan tercapai, apabila setiap rakyat juga berpartisipasi aktif, sesuai peran terbaiknya masing-masing.

Dalam penutup amanatnya Gubernur mengajak untuk menuntaskan Jiwa Proklamasi guna mewujudkan misi membangun NKRI dalam semangat Nusantara Baru, Indonesia Maju, Lir handaya paseban jati yang artinya mengalirkan hidup semata pada tuntunan Illahi.

Setelah pembacaan amanat Gubernur, dilaksanakan acara tambahan berupa penyampaian penghargaan Satyalancana Karya Satya yang diberikan oleh Presiden Republik Indonesia kepada ASN yang telah mengabdi selama 20 tahun dan 10 tahun, dan Surat Keputusan (SK) Kenaikan Jenjang Jabatan Fungsional.

Satyalancana Karya Satya XX Tahun diberikan kepada Yuliana Ratih, S.I.Kom, sedangkan Satyalancana Karya Satya X Tahun diberikan kepada tempat ASN, yaitu Dwi Isnaeni, S.I.Kom., Kurnia Irvyanty, S.Psi., MA., Septiana Rakhmawati, S.Far., Apt., dan Widitha Gustining Asmariani, S.Gz. Sedangkan ASN yang menerima kenaikan jenjang jabatan menjadi Penata KKB Ahli Madya adalah dr. Muhammad Zaitun Fathurachman, M.Sc.

Sekretaris Zainal Arifin juga menyampaikan ucapan selamat serta harapan kepada para penerima penghargaan dan penerima kenaikan jenjang jabatan fungsional untuk semakin meningkatkan semangat dan kinerjanya.

Dua hari sebelumnya pada Kamis, 15 Agustus 2024 jajaran Perwakilan BKKBN DIY juga telah mengadakan kegiatan menyongsong dan memeriahkan HUT Kemerdekaan dengan Jalan Sehat dan berbagai lomba yang diikuti tidak hanya seluruh karyawan pada kantor perwakilan saja, tetapi juga diikuti oleh para penyuluh KB dan wakil OPD KB Kabupaten/Kota se-DIY.

penulis : FX Danarto SY

 

 

Post Terkait